Hari Anak Nasional 2011

Selasa, 09 Agustus 2016

PENGHARGAAN SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI TAHUN 2016



Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 dilaksanakan di Istana Siak Kabupaten Siak, Provinsi Riau pada tanggal 22 Juli 2016. Pada perayaan Hari Lingkungan Hidup tahun ini pemerintah memberikan penghargaan kepada instansi pemerintah, sekolah dan individu penggiat lingkungan hidup berupa penghargaan Adipura, Adiwiyata Mandiri, dan Kalpataru. SD Tarakanita yang mempunyai visi dan  misi pada lingkungan hidup merupakan salah satu sekolah yang memperoleh penghargaan sekolah Adiwiyata Mandiri. Perjuangan memperoleh penghargaan ini dimulai tingkat kota hingga pada tingkat nasional tidak lepas peranan siswa, guru, karyawan, komite, lingkungan setempat, dan dinas pemerintah setempat (Dinas Pendidikan, Dinas Pertamanan, Dinas Kebersihan, BPLHD, dan KPLH).
Tidak seperti biasanya penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri diberikan di luar istana negara yaitu di Kabupaten Siak.  Siak dipilih menjadi tuan rumah karena di kabupaten tersebut memilik sumber daya alam yang luar biasa banyaknya mulai dari hutan, hewan, dan tentu saja kekayaan alam berupa minyak. Namun di sisi lingkungan hidup hampir setiap tahun ada permasalahan lingkungan yang belum teratasi yaitu pembakaran lahan hutan gambut. Pemiilihan kabupaten Siak mempunyai misi untuk menyadarkan warga sekitar untuk tidak membakar lahan gambut sembarangan yang mengakibatkan  bencana lingkungan yaitu asap yang menyebar kemana-mana termasuk ke negara tetangga Singapura. 
DKI Jakarta ada 6 sekolah yang berhak mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri. Dari 6 sekolah tersebut, SD Tarakanita 3 memperoleh nilai yang paling tinggi sehingga mewakili Jakarta untuk  menerima penghargaan dari Wakil Presiden RI, Bapak Jusuf Kalla. Untuk seluruh Indonesia ada 113 sekolah yang memperoleh penghargaan Adiwiyata Mandiri.
Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mewujudkan sekolah berwawasan dan peduli terhadap lingkungan hidup sehingga SD Tarakanita 3 memperoleh penghargaan Adiwiyata Mandiri 2016.
Tahun 2016, SD Tarakanita 3 diminta oleh BPLHD provisi DKI Jakarta untuk mempersiapkan diri menjadi “Eco Asean School”. Semoga semua terlaksana dengan baik.
“Sukses dan Selamat... Maju terus SD Tarakanita 3..!!!!!
Berita terkait: 5 Sekolah Jakarta Dapat Penghargaan Cinta Lingkungan Adiwiyata Mandiri

(Oleh : Floriberta Endar Artika, S.E)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar