Hari Anak Nasional 2011

Jumat, 01 Februari 2013

Berbagi ilmu di TARAKANITA 3

Halo kawan semua.....

 Suasana pelatihan di SD TARAKANITA 3 kita tercinta

ANTARCIL kembali datang membawa kabar dari SD TARAKANITA 3  kita tercinta...

Kawan, ANTARCIL merasa berbangga lho karena beberapa waktu kemarin, tepatnya tanggal 25 Januari 2013, kami kedatangan bapak ibu guru dan karyawan dari TK dan SD Tarakanita 2, yang bersedia datang jauh-jauh untuk menambah pemahaman dan pengetahuan tentang Go Green School dan upaya melaksanakan penghijauan, khususnya ilmu tentang pengelolaan sampah terutama sampah ORGANIK. 
 
Pelatihan berlangsung sejak pk. 08.00 sampai dengan pk. 14.30 dengan materi meliputi;
  1. Membuat PUPUK (padat/kompos dan cair lindi) dari daun-daun kering yang terlebih dahulu dihancurkan kemudian campurkan dengan EM4, atau fermentasi tape singkong, gula dan air.
  2. Mengenal (lebih dekat dan jelas) proses pengomposan aeraob di mana udara dibutuhkan sebagai asupan penting dalam proses pertumbuhan mikroorganisme yang menguraikan sampah menjadi kompos atau biasa dikenal dengan nama TAKAKURA.
  3. Membuat kreasi media tanam menggunakan paralon air atau Vertikultura,
  4. Membuat kertas daur ulang, dan
  5. membuat boneka HORTA alias hortikultura (berbahan dasar serbuk kayu).
Selain itu diperkenalkan pula dengan Ramuan Gurih-Gurih Gizi (GGG) yang intinya adalah membuat dan memproduksi makanan bernutrisi tinggi yang didapat diperoleh dari 5 jenis daun-daunan yang kaya dengan zat besi yaitu: kangkung, daun ubi jalar, bayam biasa, pakcoi dan daun kelor. Cara pembuatannya mudah dan dapat dilakukan di rumah maupun di sekolah.

Pelatihan dipandu oleh Ibu Rulitayi, Ibu Kristina, Pak Agus dan Pak Heri.

ANTARCIL berharap semoga kebiasaan mengolah ampah dan penghijauan yang selama ini kami lakukan di SD TARAKANITA 3 dapat ditiru oleh unit-unit TARAKANITA lainnya, sehingga alam kita dapat lebih baik lagi. Kalau bukan kita siapa lagi??? :)

 Sampa jumpa di lain waktu yaaa… always Go GREEN, my friends!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar